Jumat, 23 Agustus 2013

MULAI DARI DIRI SENDIRI...


Bicara tentang memimpin suatu lembaga/organisasi  dan sejenisnya baik itu dalam lingkup kecil  apalagi  lingkup yang lebih luas memang  tidaklah mudah…dengan berbagai macam karakter dan kemauan yang berbeda, seorang pemimpin harus bisa menyelaraskan perbedaan menjadi suatu kesamaan misi dan visi sehingga  tujuan yang ingin diraih dapat tercapai…
Kita sering mengharapkan orang lain berubah lebih baik, keluarga kita berubah lebih baik, lingkungan kita, kota kita, bahkan negara kita dan dunia berubah menjadi lebih baik.
Jadi …sebenarnya siapa yang harus berubah lebih baik lebih dahulu?
Jawabannya ada pada diri kita…..
 << Berusaha datang paling awal...

 WAKA Kedisplinan yang diamanahi untuk mengingatkan rekan rekan dan mampu memberi teladan baik bagi teman temannya ...

Mengajarkan anak tentang kedisiplinan itu sebenarnya tak susah susah amat kok…jika,kita bisa menerapkan diri kita untuk memulainya terlebih dahulu…
Bicara tentang kedisiplinan… dalam lingkup sebagai pendidik yang setiap hari dari mulai jam kedatangan hingga akhir kegiatan, coba deh kita ingat ingat….
Pemimpin / kepala sekolah / ketua pengelola dulu deh  yang kita lihat… sudahkah mencontohkan yang baik terhadap rekan pendidiknya… jam datang sudah on time atau bahkan lebih awal atau malah paling terakhir sendiri… hehehe seperti para petinggi di Negara kita **maaf mungkin tidak semuanya ya ?? , jadwal rapat lembaga apa ya masih suka molor ? karena ..on timenya / tidaknya rapat sebenarnya tergantung pemimpinnya juga..
Ini baru disiplin Waktu lho…bagaimana dengan disiplin Ilmu, disiplin Adminsitrasi dan disiplin Seni…
Sharing Ilmu...

Bagaimana Pemimpin / kepala sekolah / ketua pengelola memimpin lembaganya jika tak memiliki ilmu pengetahuan yang luas… karena tak cukup hanya gelar  yang tercantum diselembar kertas atau gelar di belakang nama ^ - ^… bukankah  ilmu itu terus bergerak ? ..maka diperlukan semangat untuk  terus mengasah pengetahuan, kemampuan dan kreatifitas yang nantinya juga akan di tularkan kepada rekan pendidik yang lainnya..
Pemimpinnya semangat belajar… insyaallah akan memotivasi rekan pendidiknya untuk juga semangat  menimba ilmu…karena pemimpinnya juga akan punya banyak cara “memaksa” rekannya untuk mau belajar.
>>> Terus belajar...
 
Salah satu syarat berdirinya suatu lembaga  pendidikan adalah adanya administrasi baik itu adminsitrasi yang berhubungan dengan kedinasan, sekolah maupun kelas karena merupakan bukti otentik berjalannya suatu lembaga, rapi dan tidaknya management lembaga akan terlihat dari kelengkapan administrasinya .. sebagai Pemimpin / kepala sekolah / ketua pengelola yang juga terkadang merangkap sebagai guru kelompok  **Seperti saya ..  
tengok yuukk sudah tertibkah  buat kurikulum s/d RKH ( Rencana Kegiatan Harian)?
Jangan mengeluh seandainya rekan pendidik kita tidak seperti yang diharapakan wong pemimpinnya saja tidak bisa kasih contoh yang baik…mau menasehati mungkin karena  nggak enak hati,… ya iyalah… karena bisa jadi ..kita   belum  maksimal mengkondisikan diri sebagai teladan buat rekan pendidik ..
 
Bahasa sekarang…jadi pemimpin jangan hanya OMDO  (Omong Doang)  ^ - ^ menyuruh rekannya untuk banyak berkreasi ..ayuk ciptakan lagu, buat APE sebagus mungkin, sedangkan diri sendiri sama sekali tidak bisa mencontohkannya….

Hindari meyakini bahwa disiplin itu tidak  penting…sehingga ketika misalnya ,jam masuk  sekolah pukul 07.30 ketika anak didik kita sudah berdatangan, kitanya masih beraktifitas di rumah   :( …. layaknya ya kalau jam kedatangan pendidik paling tidak setengah jam lebih awal dari muridnya  **kalau di kami 1 jam sebelumnya lho … malu kan sudah ditunggu muridnya di depan sekolah…atau bisa jadi lama kelamaan muridnya pun akan ikut ikutan datang sesiang mungkin.. hehehe..

Ciptakan mental bersaing secara sehat
pemberian penghargaan PIN 
yang diberikan kepada pendidik yg berprestasi
dalam penilaian mencakup Disiplin Ilmu, Administrasi,Waktu dan Kreatifitas




Yukkk berubah yuukkk…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar